BAGIAN PERLENGKAPAN SETDA
KABUPATEN KARANGASEM

Mengelola aset secara profesional dan akuntabel

About Us

ABOUT US

Bagian Perlengkapan Sekretariat Daerah kabupaten Karangasem dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah No. 7 Tahun 2008 tanggal 23 Juli 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Karangasem (Lembaran  Daerah  Kabupaten  Karangasem Tahun 2008 Nomor 7).

Peraturan Bupati Nomor 35 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Karangasem Nomor 39 Tahun 2014 Tentang Uraian Tugas Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Karangasem, Bagian Perlengkapan dalam menjalankan tugasnya sebagai pembantu Bupati dalam pengelolaan barang daerah, melaksanakan tugas di bidang perencanaan dan menganalisa kebutuhan barang unit, memelihara dan mengatur serta memanfaatkan aset–aset daerah yang telah ada.

 Susunan  Organisasi  Bagian Perlengkapan  terdiri dari :

a. Pejabat Eselon III.a      : Kepala Bagian Perlengkapan

b. Pejabat Eselon IV.a      :    1. Kasubbag Analisa Kebutuhan dan Pengadaan

                                      2. Kasubbag Pemeliharaan dan Distribusi

                                      3. Kasubbag Inventarisasi

Pegawai yang bertugas di Bagian Perlengkapan Setda Kab. Karangasem berjumlah 28 dengan rincian sebagai berikut :

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 28 orang yang terdiri dari :

- Golongan IV  sebanyak          :            1 Orang

- Golongan III  sebanyak          :             4 Orang

- Golongan II  sebanyak           :           17 Orang

- Golongan I  sebanyak            :            6 Orang

Dari 28 orang jumlah PNS tersebut, 4 diantaranya memegang jabatan struktural, 5 orang tenaga sopir dan operator, 6 orang tenaga lapangan dan 13 staf.

b.   Pendidikan : SMP sebanyak 6 orang, SMA sebanyak 18 orang, S1 sebanyak 3 orang, S2 sebanyak 1 orang.

 

SUSUNAN KEPEGAWAIAN DAN KELENGKAPAN BAGIAN PERLENGKAPAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KARANGASEM

 

KEPALA BAGIAN

 

I Nyoman Dani, SE

Pembina Tk. I (IV/b)

19591231 198112 1 073

Kepala Sub Bagian

Analisa Kebutuhan dan Pengadaan

 

I Ketut Bagiarta, ST, MT

Penata (III/c)

19720219 200604 1 004

Kepala Sub Bagian

Pemeliharaan dan Distribusi

 

I Nyoman Yadnya, SH

Penata Tk. I (III/d)

19651105 198903 1 017

Kepala Sub Bagian

Inventarisasi

 

I Nengah Suwandana, SE.Ak.

Penata (III/c)

19780422 200604 1 007

8 (delapan) staf

12 (dua belas) staf

4 (empat) staf

 

Bagian Perlengkapan terdiri dari tiga Sub Bagian:

1. Sub Bagian Analisa Kebutuhan dan Pengadaan

2. Sub Bagian Pemeliharaan dan Distribusi

3. Sub Bagian Inventarisasi

 

BAGIAN PERLENGKAPAN

Kepala Bagian Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Karangasem, mempunyai tugas:

a. merumuskan, menyusun rencana dan program kerja Bagian Perlengkapan berdasarkan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;

b. mengkoordinasikan penyiapan petunjuk teknis pemeliharaan perlengkapan berdasarkan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;

c. melaksanakan kebijakan teknis bidang analisa kebutuhan dan pengadaan, pemeliharaan dan distribusi, serta bagian inventarisasi;

d. mengkoordinasikan pelaksanaan tugas – tugas dibidang tata usaha, administrasi kepegawaian dan keuangan Bagian Perlengkapan;

e. mengkoordinasikan kelancaran tugas – tugas pelayanan pemeliharaan perlengkapan;

f. mengkoordinasikan pelaksanaan inventarisasi asset – asset daerah;

g. menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;

h. membina dan mendistribusikan tugas – tugas kepada bawahan;

j. mengkoordinasikan evaluasi dan perumusan laporan kegiatan Bagian Perlengkapan sebagai bahan pertanggungjawaban kepada atasan;

k. memberi saran dan pertimbangan teknis kepada atasan; dan

l. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis.

 

1. SUB BAGIAN ANALISA KEBUTUHAN DAN PENGADAAN

Kepala Sub Bagian Analisa Kebutuhan dan Pengadaan pada Bagian Perlengkapan, mempunyai tugas :

a. merumuskan rencana dan program kerja Sub Bagian Analisa Kebutuhan dan Pengadaan berdasarkan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;

b. menyiapkan petunjuk teknis analisa kebutuhan dan Pengadaan berdasarkan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;

c. menyusun Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU) / Rencana Kebutuhan Pemeliharaan Barang Unit (RKPBU) dan menyusun Rencana Tahunan Barang Unit (RTBU) /      Rencana Tahunan Pemeliharaan Barang Unit (RTPBU);

d. melaksanakan tugas – tugas tata usaha, administrasi kepegawaian, administrasi keuangan Bagian Perlengkapan;

e. mengadakan barang-barang inventaris keperluan Bupati/Wakil Bupati, Rumah Jabatan Bupati/Wakil Bupati, Rumah Jabatan Sekda;

f. mengadakan Barang- barang inventaris sarana dan prasarana dan keperluan kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karangasem;

g. membina dan mendistribusikan pelaksanaan tugas kepada bawahan;

h. menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;

i. mengevaluasi dan merumuskan laporan kegiatan Sub Bagian Analisa Kebutuhan dan Pengadaan sebagai pertanggungjawaban kepada atasan;

j. memberi saran dan pertimbangan teknis kepada atasan; dan

k. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis.

 

2. SUB BAGIAN PEMELIHARAAN DAN DISTRIBUSI

Kepala Sub Bagian Pemeliharaan dan Distribusi pada Bagian Perlengkapan, mempunyai tugas :

a. merumuskan rencana dan program kerja Sub Bagian Pemeliharaan dan Distribusi sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;

b. menyiapkan petunjuk teknis pemeliharaan perlengkapan dan pendistribusian barang;

c. melaksanakan tugas – tugas pelayanan pemeliharaan inventaris dan distribusi;

d. mengurus keperluan pemeliharaan perlengkapan dan perawatan areal/gedung Sekretariat Daerah, Rumah Jabatan Bupati, Rumah Jabatan Wakil Bupati, Rumah Jabatan     Sekda, serta Rumah Dinas lainnya sesuai dengan ketentuan dan kewenangan yang berlaku;

e. menyiapkan dan mengatur sarana pertemuan rapat di lingkungan Sekretariat Daerah;

f. menyusun petunjuk tentang cara pemeliharaan dan perawatan bangunan rumah jabatan serta alat – alat kantor di lingkungan Sekretariat Daerah dan Pimpinan;

g. mengatur sarana dan prasarana kerja guna terwujudnya kenyamanan kerja di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Karangasem;

h. membina dan mendistribusikan pelaksanaan tugas kepada bawahan;

i. menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;

j. mengevaluasi dan merumuskan laporan kegiatan Sub Bagian Pemeliharaan dan distribusi sebagai pertanggungjawaban kepada atasan;

k. memberi saran dan pertimbangan teknis kepada atasan; dan

l. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis.

 

3. SUB BAGIAN INVENTARISASI

Kepala Sub Bagian Inventarisasi pada Bagian Perlengkapan, mempunyai tugas :

a. merumuskan rencana dan program kerja pada Sub. Bagian Inventarisasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;

b. mengkoordinir inventarisasi aset –aset daerah seperti : aset bergerak, aset tidak bergerak (tanah dan aset tetap lainnya) pada Pengguna Barang;

c. mengkoordinasikan perumusan inventarisasi data aset Daerah dalam penyusunan laporan asset Daerah;

d. pengamanan aset–aset daerah seperti pensertifikatan, pemagaran serta penataan kembali aset bergerak, aset tidak bergerak (tanah dan aset tetap lainnya);

e. melaksanakan proses administrasi penghapusan inventarisasi barang daerah yang tidak layak pakai;

f. membina dan mendistribusikan pelaksanaan tugas kepada bawahan;

g. menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;.

h. mengevaluasi dan merumuskan laporan kegiatan Sub Bagian Inventarisasi sebagai pertanggungjawaban kepada atasan;

i. memberi saran dan pertimbangan teknis kepada atasan; dan

j. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis.